5 Cara Merawat Laptop dengan Benar Agar Lebih Awet

Post a Comment

Cara Merawat Laptop

Cara Merawat Laptop - Laptop adalah salah satu perangkat elektronik yang masih belum bisa di gantikan dengan perangkat lain. Meskipun saat ini smartphone sudah memiliki teknologi yang cukup canggih. Namun tetap saja keberadaan sebuah laptop masih tak bisa di gantikan terutama untuk kebutuhan produktivitas pekerjaan seperti pengetikan, editing dan lain sebagainya.

Laptop sendiri merupakan bentuk yang lebih sederhana dari komputer di mana laptop dapat di bawa ke mana saja karena punya bentuk yang lebih compact. Sayangnya laptop juga jadi barang elektronik yang punya harga cukup mahal. Sehingga kita harus pandai merawatnya supaya bisa di gunakan dalam jangka waktu yang lama. Nah, pada artikel kali ini Nokiaseries ingin memberikan tips bagaimana cara merawat laptop dengan baik agar lebih awet.

Cara Merawat Laptop dengan Baik

Sama seperti barang elektronik pada umumnya, sebuah laptop pun dapat mengalami kerusakan entah itu karena kurangnya perawatan ataupun karena cara perawatan yang salah. Berikut ini beberapa cara merawat laptop dengan baik dan benar.

Gunakan Software Antivirus

Untuk melindungi bagian dalam laptop kamu dari serangan virus dan malware berbahaya ada baiknya kamu memasang software antivirus seperti Avast, Avira dan sejenisnya. Software ini bisa melindungi laptop kamu dari serangan virus ketika kamu sedang berselancar di internet atau sedang mengunduh file yang agak mencurigakan.

Umumnya sebuah virus akan mengakibatkan kerusakan data atau file pada laptop, membuat laptop menjadi error atau bahkan menurunkan performa laptop itu sendiri. Lakukan scanning virus secara rutin untuk mendeteksi apakah laptop kamu aman dari virus dan malware.

Bijak dalam Mengunduh Software

Hindari untuk mengunduh software atau aplikasi yang berasal dari website yang tidak jelas. Meskipun software tersebut gratis akan tetapi bisa saja software tersebut sudah di susupi dengan virus berbahaya yang akan aktif setelah kamu menginstall software tersebut. Tentu hal ini tidak ingin terjadi pada kamu kan.

Maka daari itu kamu harus mengundih software yang berasal dari situs resminya langsung untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan. Selain mengunduh software dari situs yang tak jelas, kamu juga harus berhati-hati jika ingin menginstall software yang cukup mencurigakan dan belum oernah kamu dengan sebelumnya.

Jangan Bermain Game Terlalu Lama

Nah, ini dia hal yang paling sering di lakukan oleh para pengguna laptop yaitu bermain game terlalu lama. Padahal ini adalah kebiasaan buruk yang dapat berdampak pada kerusakan pada laptop. Pada dasarnya sebuah laptop tidak di desain untuk bermain game, meskipun saat ini ada banyak laptop yang membawa embel-embel laptop gaming.

Namun tetap saja kemampuan laptop masih belum bisa setara dengan komputer yang memang dapat di gunakan untuk menjalankan program berat. Jika kamu terlalu lama menggunakan laptop untuk bermain game terutama game berat maka itu akan mengakibatkan overheat yang berdampak fatal untuk keberlangsungan komponen para laptop kamu.

Update Sistem

Saat ini ada dua jenis sistem operasi yang paling populer yaitu Mac dan Windows. Di mana Windows adalah sistem operasi yang paling banyak di gunakan. Sama seperti sebuah smartphone, sistem operasi yang di gunakan pada laptop juga dapat di update alias di perbaharui. Tujuan dari pembaharuan ini adalah untuk memperbaiki bug dan berbagai error yang ada pada sistem.

Banyak orang yang malah mengacukan hal ini dan malas untuk memperbaharui sistem operasi mereka dengan alasan tidak ada tidak terlalu penting. Padahal itu salah, selain memperbaiki bug dan error, melakukan update juga biasanya akan menambahkan fitur atau kemampuan baru yang lebih canggih ke dalam sistem sehingga bisa memberikan perlindunan yang lebih beik.

Rutin Membersihkan Laptop

Setelah dari tadi kita hanya membahas cara merawat laptop untuk bagian dalamnya, maka berikutnya kita akan merawat bagian luar laptop. Kamu harus rutin membersihkan laptop dari debu dan kotoran yang menempel di permukaan laptop. Gunakanlah kain yang lembut untuk membersihkan laptop dari debu.

Jika terdapat kotoran yang membandel kamu bisa menggunakan tisu basah atau tisu yang di celupkan ke cairan alkohol. Jika kamu pandai dalam membingkar pasang laptop tak ada salahnya juga untuk membersihkan bagian komponen laptop dari debu.

Demikianlah tips bagaimana cara merawat laptop dengan baik dan benar. Ternyata merawat laptop itu sangat mudah dan gampang serta tidak membutuhkan waktu yang lama. Dengan demikian maka kamu bisa mengurangi dampak kerusakan pada laptop dan kamu pun tak perlu mengeluarkan uang hanya untuk memperbaiki laptop ke tempat servis.

Related Posts

Post a Comment