5 Cara Merawat Smartphone dengan Baik Agar Lebih Awet

Post a Comment

Cara Merawat Smartphone

Cara Merawat Smartphone - Smartphone merupakan salah satu barang elektronik yang paling banyak di di gunakan orang. Umumnya sebuah smartphone di gunakan untuk berkomunikasi dengan orang lain, menunjang produktivitas, sebagai media hiburan dan tentunya untuk bermain game. Seiring perkembangannya smartphone kini telah di bekali dengan teknologi serta fitur yang dapat memanjakan para penggunanya.

Para pengguna smartphone di seluruh dunia pun semakin banyak apalagi harga smartphone pun kini mulai bisa di jangkau oleh kalangan menengah kebawah. Sama seperti barang elektronik pada umumnya, sebuah smartphone pun dapat mengalami kerusakan. Entah itu karena kurangnya perawatan ataupun karena cara perawatan yang salah. Tentu kamu tak ingin jika smartphone yang baru saja di beli mengalami kerusakan, maka dari itu kamu wajib baca artikel ini sampai selesai.

Cara Merawat Smartphone dengan Benar

Banyak orang yang tak paham bagaimana cara merawat smartphine dengan baik dan benar. Alhasil smartphone yang baru saja di beli malah mengalami kerusakan dan tentu harus di bawa ke tempat service yang tentunya membutuhkan uang. Padahal jika tahi caranya kita tak perlu mengeluarkan uang lebih untuk sekedar memperbaiki smartphone. Berikut ini cara mudah untuk merawat smartphone agar awet dan tahan lama.

Gunakan Charger Original

Hal paling sederhana yang bisa kamu lakukan untuk merawat smartphone adalah dengan cara menggunakan charger bawaan ketika ingin mengisi ulang daya. Sebagaimana kita tahu jika baterai merupakan salah satu komponen paling penting, tanpa baterai sebuah smartphone tak dapat menyala apalagi di gunakan.

Maka dari itu supaya baterai smartphone memiliki masa pakai yang lama kamu harus menggunakan charger original bawaan dari smartphone. Saat kamu tidak menggunakan charger original, hal ini bisa merusak baterai smartphone-mu. Kabel charger memang bersifat universal, tetapi kepala charger belum tentu cocok dengan sembarangan kabel. Jadi jika hal ini di lakukan terlalu sering maka akan memberikan kerusakan pada baterai smartphone kamu.

Gunakan Case Pada Smartphone

Casing tambahan pada sebuah smartphone berguna untuk melindungi smartphone itu sendiri dari benturan ketika terjatuh dari ketinggian. Selain benturan casing tambahan juga akan melindungi bodi smartphone dari goresan sehingga smartphone kamu akan tampak mulus meski sudah lama di gunakan. Umumnya casing tambahan sudah di sediakan ketika kita membeli smartphone.

Tapi untuk beberapa brand dan smartphone entry level biasanya tidak di sediakan casing tambahan pada pekt pembelian. Alhasil kamu harus membeli casing tambahan sendiri yang biasanya ada di toko ponsel. Pilihlah casing yang sesuai dengan smartphone yang kamu gunakan dan pastikan jika casing tersebut benar-benar menempel dengan kuat di bodi smartphone kamu.

Gunakan Anti Gores

Casing tambahan memang dapat melindungi bodi smartphone dari benturan dan goresan, tetapi tak dapat melindungi layar smartphone. Maka dari itu kamu harus menggunakan screen protector untuk melindungi layar smartphone dari goresan. Memang kebanyakan smartphone flaghsip sudah menggunakan jenis layar yang tahan terhadap goresan.

Namun untuk smartphone entry level biasanya tak menggunakan layar jenis ini karena tentu untuk meminimalkan harga smartphone itu sendiri. Untuk itulah kamu harus menggunakan screen protector yang biasanya sudah di sediakan pada paket pembelian. Atau jika tidak ada kamu juga bisa membelunya di toko ponsel yang harganya juga cukup terjangkau.

Hinndari Penggunaan Smartphone di Tempat Panas

Cara merawat smartphone agar awet berikutnya adalah dengan tidak menggunakannya di tempat yang panas. Sama seperti barang elektronik pada umumnya di mana sebuah smartphone juga bisa mengalami peningkatan suhu ketika lama di gunakan. Jika peningkatan suhu yang terjadi masih dalam batas normal maka itu tidak terlalu berppengaruh terhadap kesehatan komponen smartphone.

Lain halnya jika terjadi overheat maka ini bisa merusak komponen yang ada di salam smartphone. Overheat bisa terjadi jikak kamu menggunakan smartphone sambil mengisi ulang daya, bermain game secara berlebihan di tambah lagi jika kamu menggunakannya di tempat yang panas tentu ini akan memperparah kondisi smartphone kamu.

Jangan Biarkan Baterai Sampai Tak Tersisa

Banyak pengguna yang tak menyadari jika membiarkan smartphone dalam keadaan baterai sampai 0% malah justru akan menurunkan masa pakai dari baterai smartphone itu sendiri. Maka dari itu sangat di sarankan untuk mengisi ulang smartphone ketika baterai telah mencapai 20%.

Hal ini di lakukan supaya baterai pada smartphone tetap awet. Selain itu proses pengisian pun akan jadi jauh lebih cepat ketimbang mengisi dari 0%. Ini juga akan mencegah terjadinya overheat yang di akibatkan karena terlalu lama mengisi ulang daya smartphone.

Nah, itu tadi adalah cara mewarat smartphone dengan baik dan benar. Wah ternyata caranya sangat mudah dan tidak membutuhkan banyak peralatan tambahan sama sekali. Dengan menerapkan cara di atas maka smartphone kamu bisa lebih awet dan dapat di gunakan dalam jangka waktu yang lama.

Related Posts

Post a Comment