Apa Itu Internet of Things dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Post a Comment
Apa Itu Internet of Things

Perkembangan teknologi semakin pesat dan terus maju seiring waktu. Dahulu mungkin kita hanya bisa menyaksikan kecanggihan teknologi dari film-film fiksi, namun saat ini hampir sebagian yang kita hayalkan mulai terwujud. Hampir sebagian barang elektronik kita saat ini sudah di lengkapi dengan teknologi kecerdasan buatan yang bisa memudahkan aktivitas sehari-hari kita.

Mulai dari Smart Car yang bisa berjalan sendiri ke berbagai tujuan tanpa perlu pengemudi manusia, atau Alexa yang bisa berbicara dan mengingatkan kamu untuk melakukan ini itu secara terjadwal. Seluruh teknologi tersebut merupakan bagian dari Internet of Things.

Kamu pasti sudah tak asing dengan istilah Internet of Things atau IoT. Memang belakangan ini teknologi IoT sedang marak-maraknya di terapkan pada berbagai perangkat elektronik. Hal itu terbukti dengan banyaknya penyedia kursus IoT yang memberikan pembelajaran mengenai IoT secara mendalam.

Apa Itu Internet of Things?

Internet of Things atau IoT merupakan sebuah konsep di mana sebuah objek tertentu memiliki kemampuan untuk melakukan transfer data melalui jaringan tanpa membutuhkan interaksi dari manusia ke komputer atau dari manusia ke manusia.

Internet of Things atau yang lebih sering di singkat dengan IoT ini memiliki perkembangan yang sangat pesat. Mulai dari konvergensi teknologi nirkabel, micro-electromechanical systems (MEMS), dan juga Internet.

Selain IoT ini juga bisa di definisikan dengan RFID sebagai sebuah metode komunikasi. Meski begitu, IoT juga bisa mencakup ke dalam teknologi-teknologi yang berkaitan dengan sensor seperti teknologi nirkabel atau kode QR yang umum kita jumpai pada tempat perbelanjaan.

Lalu apa kemampuan dari teknologi IoT? Ada banyak sekali kemampuan dari Iot yang bisa kita manfaatkan misalnya saja dalam hal berbagi data, menjadi remote control dan masih banyak lagi kemampuan lainnya. Sebenarnya fungsi dari IoT ini juga sudah di tetapkan pada banyak perangkat yang ada du dunia dan mungkin sering kita gunakan.

Adapun contoh dari penerapan Iot bisa di temukan pada sistem pengolahan bahan pangan, elektronik dan berbagai perangkat mesin lainnya yang semuanya tersambung dengan jaringan lokal maupun global melalui sensor yang tertanam di dalamnya dan akan selalu aktif.

Jadi jika di sederhanakan istilah dari Internet of Things ini mengacu kepada berbagai macam mesin atau perangkat yang dapat di identifikasikan sebagai representasi virtual dalam strukturnya yang berbasis internet.

Cara Kerja Internet of Things

Mungkin kamu bertanya-tanya cara kerja Internet of Things itu seperti apa? Pada dasarnya cara kerja dari IoT adalah dengan memanfaatkan suatu argumentasi pemograman, di mana setiap perintah dari argumen tersebut dapat menghasilkan sebuah interaksi antar perangkat atau mesin yang sudah terhubung secara otomatis tanpa campur tangan dari manusia serta tanpa terbatas oleh jarak dan waktu.

Jadi, internet di sini berperan sebagai jembatan penghubung antara kedua mesin tersebut. Sementara itu campur tangan manusia hanyalah pada pengaturan dan pengawasan dari mesin-mesin tersebut yang bekerja secara otomatis. Adapun hambatan atau tantangan dalam mengkonfigurasi Iot ke berbagai mesin adalah bagaimana cara menyusun jaringan komunikasinya itu sendiri.

Mengapa itu bisa menjadi sebuah hambatan? Hal itu di karenakan jaringan yang di gunakan sangatlah kompleks. Di samping itu, IoT juga membutuhkan sebuah sistem keamanan yang cukup ketat. Belum lagi biaya pengembangan dari IoT juga tergolong mahal dan menjadi penghambat. Ujung-ujungnya pembuatan dan pengembangannya bisa berakhir dengan kegagalan.

Di Indonesia sendiri sudah cukup banyak pengembangan dari Iot ini. Bahkan kamu bisa menemukan pelatihan atau pembelajaran seputar IoT, salah satunya adalah IoT Jogja Indobot yang memang sudah sangat berpengalaman dalam hal IoT ini.

Demikianlah pembahasan menegnai apa itu Internet of Things dan bagaimana cara kerjanya. Dalam beberapa tahun kedepan mungkin penerapan IoT akan semakin massive dan di aplikasikan ke berbagai perangkat. Tentu saja hal ini bertujuan untuk memudahkan pekerjaan dan segala aktivitas manusia.

Related Posts

Post a Comment